“Kegiatan OSIS memang seharusnya tidak membosankan, pak. Kita harus terus berinovasi dengan semua yang kita punya” demikian kata Nicholas Petrus Nababan, salah seorang perwakilan OSIS SMA Santo Kristoforus 2 yang duduk di kelas 11F. Sekaligus sebagai ketua OSIS SMA St. Kristoforus 2, Nico mengemban tanggung jawab memajukan kehidupan seluruh siswa/i di sekolah. “Itulah sebabnya kami terus belajar” tambah Edwardo Marcho Pandapotan Situmorang (10). Bersama Nico, Edo mengikuti kegiatan Gathering OSIS yang diselenggarakan Universitas Prasetiya Mulya, Tangerang pada Kamis, 29 Februari 2024.

Acara yang berlangsung sejak pukul 09:00 – 15:00 WIB ini mengajak perwakilan OSIS dari berbagai SMA yang tersebar di seluruh Jabodetabek. “Kurang lebih ada sekitar 38 sekolah yang ikut, termasuk perwakilan OSIS dari SMA Santo Kristoforus 1,” kata Edo. “Paling jauh dari Bogor” tambahnya. “Tapi mayoritas pesertanya cowok, pak” kata Nico, “akan lebih baik jika seimbang jumlah cowok dan ceweknya”.

Tema utama acara Gathering OSIS tersebut adalah perihal bagaimana OSIS mengelola event sekolah, misalnya konser, turnamen, seminar, dan lain sebagainya. Para peserta diajari tentang banyak hal misalnya tentang mencari sponsor untuk pendanaan, promosi event baik secara masif melalui media sosial atau head-to-head, serta cara menangani event supaya berlangsung aman dan nyaman. “Kata narasumbernya, paling mudah mencari sponsor dari perusahaan rokok” komentar Edo.

“Kami ga nyesel pak ikut kegiatannya” demikian kata Nico. Menurutnya atmosfer kegiatan gathering tersebut sangat bagus. “Acaranya seru, banyak games yang menarik, ada simulasinya juga. Sepertinya Paskah nanti kami akan coba praktikkan satu dua hal di sekolah” tambahnya.

Apakah mereka merasa minder bertemu siswa/i sekolah lain? “Tentu saja tidak” jawab Edo. Menurutnya para peserta lainnya sangat ramah dan aktif. “Saya malah merasa semakin tertantang” tambahnya, “kalau mereka bisa ngadain event, kita juga pasti bisa!”. Sebuah keyakinan yang mantap. Tentu saja pihak sekolah mengharapkan gathering ini bukan sekedar kumpul ngerumpi tetapi menjadi bekal untuk mengadakan event di sekolah nanti. Good luck Nico dan Edo, kami nantikan aksi kalian berdua! (tim media SMAXto2)