Perkembangan pengetahuan dan teknologi yang begitu cepat, bahkan saat ini kita dikatakan sudah masuk era industry 4.0 membuat para perseta didik dengan begitu mudah terpapar berbagai pengaruh perkembangan pengetahuan dan teknologi itu, baik pengaruh positif maupun pengaruh negatif. Ada banyak pengaruh positif dari perkembangan pengetahuan dan teknologoi itu, namun tidak sedikit juga perkembangan pengetahuan dan teknologi itu membawa pengaruh yang buruk bagi perkembangan peserta didik, khususnya bila peserta didik mengakses situs-situs atau berita yang tidak sesuai dengan perkembangan anak.

Keceriaan saat diskusi Kristoforus Values

Dalam konteks ini, pendididkan karakter menjadi keniscayaan yang sangat mendesak untuk dilaksanakan di sekolah. Dalam kaitan dengan hal ini, Persekolahan Kristoforus telah membentuk tim khusus (yang terdiri dari perwakilan guru, kepala sekolah dan Kepala Bagian) untuk menyusun atau merumuskan kembali Kristoforus Values (Nilai-Nilai Kristoforus) yang akan dijadikan panduan dalam Penguatan Pendidikan karakter di Persekolahan Santo Kristoforus.

Penyusunan Kristoforus Values dilaksanakan di Wisma Hijau pada Selasa – Kamis, 5-7 Desember 2019. Penyusunan Krtistoforus Valuas ini dadampingi oleh Doni Koesoema, M.Ed. Pak Doni merupakan praktisi Pendidikan yang telah menyusun berbagai buku tentang Pendidikan Karakter, aktif menulis di berbagai media masional, beliau juga merupakan salah satu anggota Badan Standarisasi Nasional Pendidikan (BSNP).

Tim Penyusun Kristoforus Values bersama pendamping Bapak Doni Koesoema, M.Ed (baris belakang, kelima dari kanan)

Selama tiga hari anggota tim membahas dan mendiskusikan setiap nilai yang akan dijadikan panduan dalam Pendidikan Karekter. Ada 11 Nilai Kristoforus yang akan dijadikan panduan dalam Pendidikan Karakter di Persekolahan Santo Kristoforus. Nilai-nilai yang diambil dariakronim nama Kristoforus sebagai berikut: Knowledge, Responsibility, Integrity, Sincerity,Teamwork, Obedience, Faithful, Openness, Respect, Unity, Service Excellence.   Secara umum Panduan Penguatan Pendidikan Karakter ini membahas tentang arti nilai tersebut, mengapa nilai itu diperlukan dalam kehidupan, bagaimana menanamkan nilai-nilai itu di sekolah dan di rumah dan indikator yang menjadi tanda bahwa nilai-nilai itu mulai dihidupi atau dilaksanakan.  

Semoga buku panduan Kristoforus Values ini akan memberikan arah yang lebih jelas dalam Penguatan Pendidikan Karakter di Persekolahan Santo Kristoforus (MD)**

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *