Pengembangan Yayasan Diannanda

Arah pengembangan Yayasan Diannanda adalah mendorong persekolahan menjadi sekolah nasional plus yang menerapkan keunggulan di sejumlah bidang.

Dengan itu, Persekolahan Kristoforus yang menjadi milik Yayasan Diannanda bisa menjadi sekolah unggul yang diminati oleh masyarakat.

Arah Pengembangan itu adalah:

  1. Menjadi sekolah nasional plus
  2. Menerapkan keunggulan:
    • Kurikulum: Keunggulan karakter, Matematika, Bahasa Inggris, Mandarin, IT, sains dan Bilingual.
    • SDM: guru berkarakter dengan nilai-nilai Kristoforus, active learning, bahasa dan IT.
    • Sarpras: sekolah bersih, indah, ramah lingkungan dan sarana up-to-date.
    • Manajemen: manajemen modern dengan servis yang cepat, tepat, responsive dan melayani.
  3. Diversifikasi jasa dalam pembentukan unit bisnis lain seperti kursus Bahasa Inggris, Kursus Komputer, program bisnis online, P3KG (Pusat Pelatihan dan Pengembangan Kompetensi Guru).

A. Program Pengembangan Jangka Menengah:

Tahun pengembangan dan implementasi keunggulan.

BIDANG PROGRAM
MANAJEMEN
  1. Kepemimpinan yg kuat
  2. Organisasi yang solid & efektif
  3. Good governance (transparan, bertanggung jawab, accountable dan didukung oleh profesionalisme, komitmen, moral yang baik dan kuat)
KEUANGAN
  1. Budget dan laporan keuangan tepat waktu
  2. Bad debt yg rendah
  3. Disiplin dan tidak ada pengeluaran non budget
  4. Transparan dan tdk ada kebocoran
PENDIDIKAN
  1. Metodologi pembelajaran yang menyenangkan dan membangkitkan kreatifitas anak didik.
  2. Kurikulum yg menghasilkan anak didik yg mandiri & berbudaya (cerdas & bermatabat) (cakap dalam berbicara bahasa Inggris dan terampil dalam bidang IT untuk memupuk semangat enterpreneurhip).
  3. Tingkat lulusan yang tetap tinggi.
  4. Menghasilkan siswa berprestasi (minimal tingkat Jakarta Barat).
SARPRAS
  1. Tersedianya sarana prasarana pendukung pendidikan yang berkualitas.
  2. Program maintenance yang berkelanjutan
  3. Pelayanan yang cepat
  4. Procedure procurement
  5. Program pengembangan yg didukung oleh analisa investasi
SDM
  1. Professional berintegritas, loyal, disiplin dan kompeten pada bidangnya
  2. Jumlah guru kompeten bertambah
  3. Pengembangan karier yg jelas dan promosi yg obyektif
SEKRETARIAT DAN MARKETING Sekretariat:

  1. Penataan database dan system administrasi elektronik.
  2. Penataan dokumen-dokumen resmi penunjang operasional yayasan.
  3. Administrasi berdasarkan klasifikasi (subyek) untuk filing dokumen.
  4. Administrasi berdasarkan IT (menunjang marketing).

Marketing:

  1. Develop konsep dan strategi marketing.
  2. Mapping competitor
  3. Sensus/database umat paroki
  4. Kerjasama dengan sekolah lain.
  5. Kerjasama dengan Paroki, SSP dan GOTA.
  6. Even promosi
  7. Database PSB, siswa dan alumni
  8. Seat management

B. Program Pengembangan Jangka Pendek:

Pembenahan meliputi enam sektor, yakni (1) Manajemen, (2) Sumberdaya manusia, (3) Pendidikan, (4) Keuangan, (5) Marketing, dan (6) Sarana Prasarana.

BIDANG PROGRAM
MANAJEMEN
  1. Kepemimpinan yg kuat
  2. Organisasi yang solid & efektif
  3. Good governance (transparan, bertanggung jawab, accountable dan didukung oleh profesionalisme, komitmen, moral yang baik dan kuat)
KEUANGAN
  1. SOP yang jelas terkait budget.
  2. Budget dan laporan keuangan tepat waktu
  3. Memiliki cost per-seat sebagai acuan penetapan uang sekolah.
  4. Mekanisme pengawasan dana BOS yang lebih efektif.
  5. Tidak ada kebocoran dana.
  6. Bad debt yg rendah
  7. SOP bantuan dana pendidikan dan penghapusan bad debt.
  8. Struktur tunjangan yang berdampak pada disiplin dan produktivitas.
PENDIDIKAN
  1. Rekrut dan pembentukan Komite Kurikulum.
  2. Konsep dan pengembangan kurikulum.
  3. Pengembangan metodologi pembelajaran.
  4. Competency matrix guru.
  5. Konsep pengembangan dan penerapan nilai-nilai Kristoforus.
  6. Analisa efektivitas dan kinerja outsourcing.
  7. Membangun iklim ilmiah di lingkungan sekolah
SARPRAS
  1. Inventaris data sarpras secara lengkap per unit
  2. Analisa sarpras yang sudah ada dan yang dibutuhkan.
  3. Analisa masalah-masalah sarpras sejauh ini
  4. Konsep sarpras untuk mencapai keunggulan Yayasan Diannanda
SDM
  1. Persyaratan minimum menjadi guru dan karyawan (aturan dan evaluasinya).
  2. Peraturan Yayasan, Juklak dan Kebijakan (aturan).
  3. Code of conduct dan Pernyataan Integritas (konsep dan penanda-tanganan).
  4. Terkait karakter dan kepribadian
  5. Assessment kepribadian guru.
  6. Pengembangan kepribadian guru
  7. Pengembangan kemampuan profesional guru (dengan Pak Belen)
  8. Pengembangan kompetensi guru untuk memahami Cambridge System
SEKRETARIAT DAN MARKETING Sekretariat:

  1. Penataan database dan system administrasi elektronik.
  2. Terdokumentasinya dokumen-dokumen resmi penunjang operasional yayasan:
    1. Administrasi berdasarkan klasifikasi (subyek) untuk filing dokumen.
    2. Administrasi berdasarkan IT (menunjang marketing).

Marketing:

  1. Develop konsep dan strategi marketing.
  2. Mapping competitor
  3. Sensus/database umat paroki
  4. Terbangun kerjasama dengan pihak lain.
  5. Database PSB, siswa dan alumni
  6. Seat management